Jus Manisan Buah Carica Khas Dieng   1 comment

CARICA / KARIKA Khas DIENG Wonosobo

Sirup yang terbuat dari buah carica ini selain unik rasanya juga segar buat pengusir gerah. Selain enak diminum dingin, tambahan puding dan cocktail membuat rasanya makin uenak.

Buah yang bernama latin Carica Pubescens atau juga dikenal sebagai Mountain Papaya. Konon buah yang hanya dapat tumbuh di tempat asalnya dataran tinggi Dieng ini lebih akrab dikenal sebagai gandul Dieng. Bentuknya mirip sekali dengan pepaya kecil, karena carica termasuk dalam family pepaya. Namun ukurannya buahnya termasuk kecil hanya kira-kira sekepalan tangan orang dewasa.

Tidak seperti pepaya yang bisa dinikmati segar, carica jarang sekali dinikmati langsung. Biasanya selain dibuat sebagai manisan, buah ini diolah menjadi selai, sirup, dan jus. Carica yang sudah matang biasanya berwarna hijau kekuningan dengan aroma wangi yang khas.

Warna buahnya jika matang berwarna kuning keemasan dan kenyal. Setelah carica diolah menjadi sirup biasanya dijual dalam botol dan wadah kaca. Tidak hanya rasanya yang manis dan segar, carica juga memiliki kandungan vitamin C dan serat yang cukup tinggi. Tak heran kalau saat meneguk segarnya carica, para penikmat minuman khas Dieng ini juga memperoleh sejumlah manfaat kesehatan.

Hingga saat ini carica dieng menjadi salah satu makanan khas Kabupaten Wonosobo, yang banyak diminati wisatawan.

KHASIAT BUAH CARICA

Selama ini Khasiat buah Carica yang diketahui umum adalah kemampuannya membantu memperlancar pencernaan makanan. ternyata, selain itu Carica juga memiliki khasiat lain.beberapa diantaranya;

Carica  banyak mengandung enzim  Papain, yaitu enzim yang berfungsi mempercepat proses pencernaan Protein. Enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri, itulah kenapa meski kandungan Protein dalam buah Carica tidak terlalu tinggi (4-6 gr) namun hampir selurunya dapat diserap oleh tubuh dan sangat berpengaruh pada produksi hormon pertumbuhan manusia. Bahkan penelitian baru-baru ini menunjukan kandungan Arginin pada buah carica dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker Payudara.

Kandungan Papain dalam buah Carica juga memiliki sifat antiseptik dan membantu mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam usus. Membantu menormalkan pH usus sehingga keadaan flora usus pun menjadi normal.

Kandungan Vitamin C dalam buah Carica lebih tinggi dari kandungan Vitamin C pada jeruk. Carica juga memilik kandungan Vitamin A yang lebih tinggi daripada Wortel. Selain itu  Carica juga kaya dengan vitamin B kompleks dan Vitamin E yang tentunya baik untuk kesehatan.

Tertarik Mencoba?

One response to “Jus Manisan Buah Carica Khas Dieng

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ping-balik: Pola Makan Sehat | Training Motivasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: